LG G3 (D855) Spesifikasi dan Harga

Memasuki caturwulan ke-2 tahun 2014, LG kembali mendaratkan smartphone terbaru penerus generasi LG G. Ia adalah LG D855 atau LG G3, smartphone flagship yang sekarang ini dapat dikategorikan sebagai superphone. Tidak tanggung-tanggung, sampai berita ini diturunkan ponsel cerdas tersebut menjadi ponsel dengan spesifikasi tertinggi bahkan menjadi TOP smartphone dijajaran ponsel Android LG lainnya. Meski demikian harga LG G3 tidak lebih mahal dibandingkan smartphone flagship merk lain.

Gambar LG G3 D855

Sehubungan dengan harganya yang relatif murah dibanding ponsel cerdas unggulan merk lain disertai spesifikasinya yang superior, fitur-fitur canggih dan dibekali beragam kelebihan, banyak kalangan pencinta gadget memburu perangkat ini. Tak khayal jika LG G3 banyak diminati, bahkan lebih jauh ketika preorder dibuka, banyak toko-toko online sampai kehabisan persediaan barang.

Guna mengenal lebih jauh tentang ponsel andalan ini, berikut dijelaskan beberapa kelebihan LG G3 (D855).

Desain LG G3

Di sektor penampilannya, LG G3 tidak banyak berubah dari pendahulunya G2. Perubahan itu terlihat pada ukuran layar sebesar 5.5 inchi. Namun jika diperhatikan lebih teliti, visualisasi yang dipancarkan ponsel ini jauh lebih jernih dan tajam karena mengusung resolusi tingkat tinggi 1440x2560px hingga menghasilkan kepadatan piksel ~534 ppi.

Tidak hanya kualitas layarnya yang memukau, pemilihan bahan plastik sebagai bahan utama dan bahan allumunium membentuk sekeliling rangka serta empat sudut melengkung menghasilkan bobot yang cukup ringan dan nyaman ketika digenggam atau ketika disimpan dalam saku. Bahan plastik memang terkesan murah, akan tetapi apa yang telah dilakukan LG untuk memoles G3 berhasil membuatnya terkesan elegan.

Sebagian besar bodi LG G3 bagian depan didominasi oleh layar, menyisakan sedikit ruang dibagian atas untuk lampu notifikasi, speaker, sensor, dan kamera. Dibagian belakang ponsel terdapat tombol volume control dan power. Sementara sisi atas ponsel terpasang IR blaster yang dapat dialihfungsikan sebagai remote control TV Anda. Terakhir masih ada slot MicroSD, slot Audio Jack, dan slot pengisian daya baterai bagian bawahnya.

LG merangcang G3 sedemikian rupa sehingga memunculkan kelebihan-kelebihan khusus yang tidak dimiliki smartphone lain. Penempatan Laser Autofocus System dibagian belakang memudahkan pengguna untuk menentukan fokus ketika menangkap objek gambar melalui kamera. Selain mampu menentukan fokus secara otomatis, pengguna juga dapat mengatur fokus objek yang akan dipotret dengan memilihnya dari layar tampilan.

Perangkat Lunak dan Antarmuka

Selaku ponsel Android dan mengemban label flagshipnya LG, tentu saja LG G3 berusaha memberikan yang terbaik termasuk hal sistem operasi. Menggunakan sistem operasi mutakhir OS Android 4.4.2 KitKat, visualisasi dan animasi hasil dari OS tersebut melengkapi kesan mewah pada ponsel ini.

Tampilan layar dari antarmuka KitKat disusun secara geometris dengan menghilankan fitur yang jarang dipakai oleh pengguna. Keadaan tersebut menjadikan tampilan LG G3 terlihat praktis dan minimalis. Di menu utama terpasang widget untuk aplikasi prakiraan cuaca AccuWeather, Smart Notice, dan penunjuk waktu. Sesuai namanya, kelebihan aplikasi Smart Notice mengisyaratkan pengguna untuk siaga terhadap perubahan waktu, melakukan panggilan terhadap panggilan tidak terjawab serta mengucapkan ulang tahun kepada rekan yang tengah berulang tahun, dan lain sebagainya.

Seperti halnya Samsung Galaxy S5, LG G3 juga dilengkapi fitur kesehatan LG Health, dimana fitur ini mampu mencatat aktivitas yang berhubungan dengan olahraga, menghitung jumlah kalori yang dibakar perhari. Begitu juga layaknya iPhone 5s, LG G3 dibekali fitur Knock Code yang berfungsi mengamankan ponsel melalui password ketukan layar serta mengaktifkan layar tanpa harus menekan tombol power.

Kamera dan Fitur

Besaran kamera LG G3 berkisar 13MP, menggunakan lensa F/2.4 ditamdem bersama fitur OIS+ atau optical images stablization. Dengan spek kamera tersebut tangkapan gambar atau perekaman video tidak akan kabur walaupun diambil dalam posisi tidak stabil. Terlebih sudah terdapat fitur Lasery Autofocus System seperti dijelaskan diatas. Sedangkan urusan memotret objek di suasana minim cahaya, kelengkapan lampu flash dapat difungsikan.

Pagi penggemar foto selfie, disediakan kamera depan sebesar 2.1 MP. Angka yang cukup baik untuk mengambil foto diri sendiri. Tangkapan foto selfie dipermudah adanya sensor suara dan sensor gerak. Pengguna cukup memberikan perintah suara yang telah ditentukan untuk mengambil gambar selfie tanpa harus mengetuk tombol kameranya. Kamera depan juga dapat difungsikan untuk panggilan video.

Agar hasil kamera lebih bagus, kamera LG G3 dilengkapi fitur-fitur tambahan untuk olah gambar. Disebutkan bahwa LG G3 dilengkapi fitur yang sama fungsinya dengan camera 360 guna membuat hasil tangkapan foto lebih putih dari aslinya.

Unggul di hasil foto, LG G3 juga unggul untuk perekaman video. Bagaimana tidak, perekaman video sanggup menghasilkan video 1080p berkualitas 4K atau sama dengan resolusi 2160x3840px. Dipastikan resolusi tersebut mampu menghasilkan video jernih disetiap detailnya.

Performa dan Baterai

Urusan performa LG G3 tidak perlu diragukan. Sebagai motor ponsel ditanam prosesor berinti empat Qualcomm Snapdragon 801 yang memiliki frekuensi 2.5 GHz. Demi memuluskan pemrosesan data, dipasang RAM berkapasitas 2 GB. Dipastikan bersama keduanya, aplikasi multitasking akan berjalan lancar bahkan ketika bermain games sekalipun.

Guna menyelaraskan pemrosesan berat LG G3 agar tahan lebih lama, telah disiapkan daya baterai sebesar 3000 mAh dan fitur khusus penghemat daya baterai. Spek LG G3 selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut ini!

Spesifikasi LG G3 (D855)

JaringanGSM (850/900/1800/1900 MHz), CDMA (800/1900 MHz), HSDPA (850/900/1900/2100 MHz), CDMA (2000 1x EVDO), LTE (800/1800/2600 MHz), LTE (700/800/900/1800/2100/2300/2600 MHz)
DimensiTinggi 146.3 mm, Lebar 74.6 mm, Tebal 8.9 mm, Berat 149 gram
LayarTrue HD-IPS + LCD capacitive touchscreen multitouch 16 juta warna. Ukuran 5.5 inchi. Resolusi 2560x1440px. Kerapatan piksel ~534ppi. Corning Gorilla Glass 3
Kamera
Kamera utama 13 MP LED Flash, Resolusi gambar 4160x3120px. Perekaman video 2160p@30fps, Kualitas Video 1080p@30fps. Kamera Depan 2.1 MP LED Flash, video 1080p@30fps. Fitur Kamera : Laser Autofocus System, OIS+, Ukuran sensor 1/3'', Geo-tagging, HDR, stereo sound rec, simultaneous video and image recording, face detection, optical stabilization.
OSAndroid 4.4.2 KitKat
ProsesorQuadcore 2.5 GHz Krait 400 - Qualcomm MSM8975AC Snapdragon 801
GPUAdreno 330
MemoriRAM 2GB, Memori Internal 16 GB
KonektivitasWiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Hotspot, DLNA, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0, NFC, Infra Merah, MicroUSB 2.0, USB On-the-go, USB Host
BateraiLi-Ion 3000 mAh

Harga LG G3

Secara umum ponsel cerdas keluaran perusahaan yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan ini mempunyai banyak kelebihan dan memiliki fitur-fitur unggulan nan canggih, tidak kalah dari ponsel flagship merk lain. Hanya saja harga LG G3 cukup terjangkau dibandingkan seteru mereka. Harga baru LG G3 preorder (metallic black) dapat diperoleh dengan kisaran Rp. 6.900.000. (Harga berlaku untuk bulan ini: Agustus 2014 dari Toko Online).

Baca juga smartphone unggulan dari Advan yakni Advan S5G
LG G3 (D855) Spesifikasi dan Harga LG G3 (D855) Spesifikasi dan Harga Reviewed by Unknown on 00.24 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.